Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer dalam Bidang Bisnis dan Perdagangan


Image result for jaringan komputer dalam bidang usaha
Sebagian masyarakat bahkan hampir semua masyarakat dunia telah mengenal istilah
e-Business. E-Business merupakan suatu bentuk kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan
oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macan kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli atau dengan kata lain tidak ada kontak langsung secara fisik. Proses administrasi pun akan dilakukan secara online, sehingga akan sangat memudahkan kedua pihak dalam menyelesaikan proses penjualan dan pembelian.
Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah bahwa Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan dan mempublikasikan usaha mereka. Sifatnya yang fleksibel menjadikan Internet sebagai media yang mampu menjawab tantangan atau kendala bisnis, seperti wilayah geografis, promosi, target pemasaran, proses administrasi pembelian dan penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya. Sehingga kemudahan e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan melakukan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan datang ke tempat pembeli.
Berkaitan dengan keunggulan media Internet dibanding media lainnya bagi dunia usaha :

  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang memiliki banyak kendala dalam proses promosi dan publikasi serta masalah fleksibilitas.
  2. Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat laba yang didapatkan.
  3. Global Reach (jangkauan global) akan lebih mudah untuk diterapkan karena kelebihan Internet yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia.
  4. Customer Loyality (loyalitas pelanggan) dapat lebih diharapkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha.
  5. Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih mudah karena dapat memakai pihak ketiga sebagai alternatifnya.
  6. High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Manfaat Jaringan sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis :
§  Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan.
§  Analisa produk dan pasar.
§  Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya.
§  Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja.
§  Akses informasi dan penyebaran informasi.
§  Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah.
§  Peluang bisnis baru.

Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Internet tersebut.
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru.
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar  lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet.   Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat  mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu  mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif.  Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesional atau bisnis.

Beberapa alasan atau keuntungan mengapa para profesional memanfaatkan jaringan internet sebagai media bisnis :
  • Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.
  • Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
  • Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara  luas
  • Dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan  adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
  • Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
  • Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu
  • Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi
  • Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia
  • Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan
  • Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan  atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
  • Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak   atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung
  • Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional
  • Web dapat menciptakan pelayanan 24 jam
  • Web  memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat
  • Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik  kepada perusahaan
  • Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan
  • Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
  • Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
  • Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal


Dengan melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan bisnisnya dengan cara :
  • Katalog online secara elektronis
  • Komunikasi satu-satu dengan pelanggan
  • Mendukung penjualan
  • Dukungan purna jual produk atau jasa
  • Mempertajam kehadiran perusahaan
  • Iklan produk dan jasa
  • Penelusuran order pelanggan
  • Pendukung penelitian konsumen
  • Rekruitmen tenaga kerja
  • Transaksi secara elektronis
  • Publikasi secara online
  • Penyaluran barang atau distribusi
  • Meningkatkan dana investasi
  • Sumber bisnis dan jaringan pribadi
  • Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online, komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi  melalui video. Electronic data interchange (EDI)

Daftar Pustaka : 
https://bambangsuhartono.wordpress.com/2013/02/04/fungsi-dan-manfaat-internet-dalam-bidang-bisnis-dan-perdagangan/

Comments

Popular Posts