Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer dalam Bidang Bisnis dan Perdagangan
Sebagian masyarakat bahkan hampir semua masyarakat dunia telah mengenal istilah
e-Business. E-Business merupakan suatu bentuk kegiatan usaha
atau bisnis yang dilakukan
oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macan kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli atau dengan kata lain tidak ada kontak langsung secara fisik. Proses administrasi pun akan dilakukan secara online, sehingga akan sangat memudahkan kedua pihak dalam menyelesaikan proses penjualan dan pembelian.
oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macan kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli atau dengan kata lain tidak ada kontak langsung secara fisik. Proses administrasi pun akan dilakukan secara online, sehingga akan sangat memudahkan kedua pihak dalam menyelesaikan proses penjualan dan pembelian.
Kenyataan yang sedang berkembang saat ini adalah bahwa
Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan
dan mempublikasikan usaha mereka. Sifatnya yang fleksibel menjadikan Internet
sebagai media yang mampu menjawab tantangan atau kendala bisnis, seperti
wilayah geografis, promosi, target pemasaran, proses administrasi pembelian dan
penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya.
Sehingga kemudahan e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang
memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan
melakukan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan datang
ke tempat pembeli.
Berkaitan dengan keunggulan media Internet dibanding media
lainnya bagi dunia usaha :
- Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang memiliki banyak kendala dalam proses promosi dan publikasi serta masalah fleksibilitas.
- Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat laba yang didapatkan.
- Global Reach (jangkauan global) akan lebih mudah untuk diterapkan karena kelebihan Internet yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia.
- Customer Loyality (loyalitas pelanggan) dapat lebih diharapkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha.
- Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih mudah karena dapat memakai pihak ketiga sebagai alternatifnya.
- High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Manfaat Jaringan sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan.
Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya.
Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan
Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor
atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet
sebagai media bisnis :
§ Menciptakan basis bagi
klien atau pelanggan.
§ Analisa produk dan pasar.
§ Nasehat dan bantuan pakar
di bidangnya.
§ Rekruitmen tenaga kerja dan
penyedian lowongan kerja.
§ Akses informasi dan
penyebaran informasi.
§ Komunikasi yang cepat dan
pengiriman dokumen dengan biaya murah.
§ Peluang bisnis baru.
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan
basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk
memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar
secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan.
Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan
sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan
demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok
yang besar di Internet tersebut.
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset
pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan
pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam
pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik
sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu
perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di
Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk
melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi
munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru.
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan
karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah
diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis
dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita
membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus
membayar dengan harga sangat mahal.
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin
digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali
daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula
mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang
membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di
Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan
web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar
luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun
jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua
dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru
dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui
komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya
penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui
Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak
yang jauh.
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak
membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail
adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk
mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat
komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk
mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali
ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen
melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet
untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide
baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi
juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering
pula dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide
produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di
Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas
ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual
maupun profesional atau bisnis.
Beberapa alasan atau keuntungan mengapa para profesional
memanfaatkan jaringan internet sebagai media bisnis :
- Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.
- Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
- Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas
- Dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
- Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
- Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu
- Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi
- Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia
- Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan
- Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
- Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung
- Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional
- Web dapat menciptakan pelayanan 24 jam
- Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat
- Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan
- Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawarkan
- Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
- Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
- Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal
Dengan melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah
disebutkan di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan
bisnisnya dengan cara :
- Katalog online secara elektronis
- Komunikasi satu-satu dengan pelanggan
- Mendukung penjualan
- Dukungan purna jual produk atau jasa
- Mempertajam kehadiran perusahaan
- Iklan produk dan jasa
- Penelusuran order pelanggan
- Pendukung penelitian konsumen
- Rekruitmen tenaga kerja
- Transaksi secara elektronis
- Publikasi secara online
- Penyaluran barang atau distribusi
- Meningkatkan dana investasi
- Sumber bisnis dan jaringan pribadi
- Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online, komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi melalui video. Electronic data interchange (EDI)
Daftar Pustaka :
https://bambangsuhartono.wordpress.com/2013/02/04/fungsi-dan-manfaat-internet-dalam-bidang-bisnis-dan-perdagangan/
Comments
Post a Comment